5 Tips Merawat Ayam Laga

5 Tips Merawat Ayam Laga

Kebiasaan sabung ayam sudah dikenal sejak 1.400 tahun sebelum masehi oleh masyarakat Cina, Karena hobi ini semakin berkembang dikalangan masyarakat maka banyak orang menjadikan ayam sebagai ajang pemilihan bibit unggul. Dalam prosesnya banyak ayam – ayam local yang disilangkan dengan ayam import, semakin banyaknya masyarakat yang mampu menyilangkan  ayam tersebut kini banyak bermunculan ayam dengan berbagai jenis dengan  tipe (gaya) ayam bertarung yang berbeda. Sebut saja ayam Bangkok, ayam Pakhoy, ayam Mangon, ayam Pamakhoy dan ayam Birma. Semua ayam tersebut memiliki gaya yang berbeda satu sama lain bahkan dengan ciri fisik yang berbeda juga.

Ayam Bangkok biasa disebut dengan ayam teknik karena tipe ayam ini yang pintar dalam berlaga yang selalu Ngalung( bangkol ) pada saat berlaga, berbeda dengan ayam Mangon ayam ini biasa disebut ayam non teknik karena gaya ayam ini pada saat berlaga tidak mempunyai teknik bagus atau biasa saja, Namun jangan salah banyak sekali orang yang suka dengan ayam ini kerena postur nya yang kokoh dan juga memiliki pukulan akurat, keras, bahkan mematikan !

Merawat Ayam Laga

Indonesia sendiri mengenal sabung ayam sudah dari zaman nenek moyang entah kapan tepat nya namun kabarnya pertama kali sabung ayam adalah dituban,banyak  masyarakat Indonesia yang menjadikan ayam laga ini suatu hobi bahkan usaha mereka, disini saya akan membagikan pada kalian tips-tips dalam merawat ayam laga agar selalu sehat dan memilik performa yang bagus pada saat berlaga.

1. Pakan

Dalam hal ini pakan merupakan hal pokok yang harus diperhatikan setiap penghobi ayam laga, karena salah memberi makan ayam bisa berakibat fatal pada ayam tersebut. Pertama beri pakan jagung yang setengah halus ditambah dengan beras merah kedua pakan ini dicampur menjadi satu, pemberian pakan dilakukan setiap pagi dan sore dengan porsi 1:2 dan ingat jam makan ayam jangan dirubah-rubah.

Tetapkan jamnya dan rutinkan. Jika anda mengubah-ubah jam makan ayam anda, besar kemungkinan ayam anda akan loyo dan terkesan tidak lahap makan itu akan sangat berbahaya bagi ayam anda.

2. Vitamin

Vitamin ayam berguna agar ayam anda selalu sehat dan tidak nampak pucat, banyak yang digunakan dalam memberi vitamin ayam  mulai dari buah – buahan, sayur hijau dan juga daging.Buah yang sering digunakan pada ayam laga adalah pisang dan juga pepaya, kedua buah ini memiliki serat yang tinggi dan mudah dicerna oleh ayam .

Untuk sayur saya sering menggunakan kangkung dan juga daun pepaya karena banyak mengandung zat besi yang sangat berguna membantu pertumbuhan tulang ayam kita. Daging yang kita gunakan adalah bekicot karena disamping gratis bekicot sangat bagus untuk ayam karena membuat tubuh ayam selalu hangat. Saya memberikan ketiga vitamin itu 3 hari sekali bahkan setiap hari  sekali melihat kondisi ayam.

Semua itu diberikan pada pagi-siang hari ,pada jam jam itulah ayam sering bergerak yang membuat semua makanan yang masuk bisa terserap dengan baik.

3. Memandikan & Menjemur Ayam

Ayam yang siap berlaga kita usahakan untuk dimandikan setiap pagi hari dan sore hari, memandikan ayam bertujuan membuat ayam itu selalu bersih dari kutu atau kotoran yang menempel pada ayam, kotoran yang menempel atau kutu yang menempel dapat menimbulkan sakit pada ayam tersebut.

Setelah dimandikan pagi hari selalu jemur langsung terkena dengan terik matahari pagi dilakukan pada jam 08-10 pagi, cahaya panas matahari yang kaya akan vitamin D sangat berguna untuk kesehatan ayam dan juga memperlancar aliran darah ayam tersebut.

4. Umbaran 

Setelah ayam dijemur kisaran jam 10 ayam kita teduhkan dulu 1-2 jam agar ayam merasa nyaman, setelah itu kita masukan kedalam umbaran atau tempat yang luas agar ayam bisa bergerak lebih leluasa, saya menggunakan tempat 1 x 2 meter untuk umbaran tersebut. Umbaran tersebut berguna untuk memperlancar otot otot ayam dan juga sekaligus untuk melatih fisik ayam.

5. Latihan

Tak kalah penting latihan untuk ayam, layaknya seorang petarung ayam pun perlu latihan. Ada banyak cara melatih ayam salah satunya menggunakan kliteran ayam , dimasukkan kedalam kolam agar dapat melatih kekuatan kaki ayam dan yang paling sering adalah abar ayam dengan ayam lain, semua latihan tersebut berguna untuk melatih mental dan massa otot ayam .

Itulah  5 tips merawat ayam laga secara sederhana ,Setiap orang memiliki gaya dan cara sendiri dalam merawat ayam laga yang tujuan nya sama yaitu membuat ayam laga miliknya tetap sehat dan bagus saat berlaga. 

You May Also Like

About the Author: Garnis Candra P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *