Mengetahui Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Mengetahui Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Mengetahui Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Yang Bisa Anda Lakukan- Kali ini saya akan membahas artikel tentang Teknik Dasar Permainan Bola Basket dan Aturan Permainan Bola Basket. Yuk, langsung saja simak artikel tentang Bola Basket di bawah ini. Berikut beberapa inilah Teknik Dasar Permainan Bola Basket.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Teknik menggiring bola

Yang pertama adalah teknik menggiring bola atau dribbling, yang bertujuan untuk membawa bola agar dapat mengecoh lawan atau untuk dapat mengoper bola kepada rekan setim yang berada dekat dengan ring lawan. 

Berbeda dengan sepak bola, dalam permainan bola basket, pemain menggiring bola dengan cara memantulkan bola ke lantai menggunakan tangan, sedangkan dalam sepak bola, menggiring bola menggunakan kaki.

Teknik passing

Selanjutnya adalah teknik passing atau umpan. Teknik ini berfungsi untuk mengarahkan bola ke rekan satu tim lainnya. Biasanya dilakukan setelah menggiring atau menggiring bola, kemudian mengoper atau melempar bola kepada rekan satu tim.

Teknik Menembak atau Shooting

Selanjutnya adalah teknik menembak, yang bertujuan untuk memasukkan bola ke ring lawan dengan cara melempar bola menggunakan satu atau dua tangan dalam posisi melompat.

Teknik Rebound

Yang terakhir adalah rebound. Adalah teknik yang digunakan untuk mengambil bola muntahan, atau bola yang gagal masuk ring.

Mengetahui Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Aturan Yang Digunakan Dalam Permainan Bola Basket

Pemain boleh melempar bola dari segala arah menggunakan satu atau kedua tangan. Pemain boleh memukul bola tetapi tidak boleh memukul dengan kepalan tangan. Pemain tidak menjalankan bola sambil memegang bola. Bola harus dilempar pada titik di mana pemain menerima bola.

Dalam permainan bola bakset ini jika salah satu pemain melakukan kesalahan tiga kali berturut-turut, maka kesalahan tersebut akan menghitung poin untuk lawan. Poin diperoleh saat bola dilempar ke dalam keranjang. Jika bola dilempar keluar dari lapangan permainan, pemain pertama yang menyentuhnya berhak memainkannya. Waktu permainan adalah empat perempat dari sepuluh menit masing-masing.  

Pemain

Dalam permainan bola basket terdapat 2 tim yang bertanding, dimana setiap tim memiliki 5 pemain inti dan 7 pemain cadangan. Formasi permainan juga dibagi menjadi 3 yaitu 2 pemain sebagai penjaga belakang dan 2 pemain lainnya di depan dan 1 pemain di tengah.

Cara Bermain

Ada beberapa jenis teknik yang harus diketahui yaitu passing atau lempar, dribbling atau menggiring bola, dan menembak bola ke ring atau shooting. 

Wasit

Wasit berfungsi sebagai juri dan orang yang mengatur dan menilai jalannya pertandingan bola basket. Ketika wasit meniup peluitnya, itu berarti pertandingan akan segera dimulai atau itu juga merupakan tanda bahwa pertandingan telah berakhir.

Angka atau Poin

Angka yang hanya akan diberikan ketika salah satu tim memasukkan bola ke dalam ring, dimana poin yang akan dimenangkan adalah 2 poin. Sedangkan memasukkan bola melalui tengah lapangan akan menghasilkan 3 poin. Dan tendangan pinalti akan mendapatkan 1 poin.

Demikian penjelasan dari saya tentang mengetahui Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket semoga bermanfaat, terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Garnis Candra P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *