Olahraga Bola Voli Merupakan Permainan Yang Sulit, Inilah Aturannya

Olahraga Bola Voli Merupakan Permainan Yang Sulit, Inilah Aturannya

Olahraga Bola Voli Merupakan Permainan Yang Sulit, Inilah Aturannya- Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 6 orang dengan posisi dan peran yang berbeda. Dalam permainan bola voli dibutuhkan lapangan berukuran 18×9 meter, net setinggi 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk putri dan tentunya bola voli itu sendiri. 

Dalam bermain bola voli dibutuhkan kekuatan, ketepatan, kelincahan dan reflek yang baik, itu semua bertujuan agar kita dapat menguasai bola yang akan digunakan untuk menyerang lawan.  Aturan dasar permainan bola voli adalah setiap tim diperbolehkan menguasai bola dengan cara passing dan smash maksimal 3 kali setelah mendapat serangan dari lawan. 

Biasanya setelah mendapat serangan dari lawan, satu orang dalam tim akan bertahan dengan mengoper dan mengoper bola ke toser. Berikut alasan Olahraga Bola Voli merupakan permainan yang sulit, inilah aturannya.

Induk Organisasi Bola Voli

Induk organisasi internasional yang membawahi bola voli adalah FIVB yang merupakan singkatan dari (Federation Internationale de Volleyball), sedangkan di Indonesia olahraga bola voli dicakup oleh organisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Peraturan Dalam Permainan Bola Voli

Berikut aturan-aturan yang ada dalam permainan bola voli, yaitu:

Perhitungan Angka

Dalam permainan bola voli, pemain harus menggunakan teknik bermain yang baik agar dapat menjatuhkan bola ke kotak lawan dengan sempurna agar dapat mencetak gol. Jika pemain lawan berhasil menjatuhkan bola ke kotak Anda, tim akan kehilangan lebih banyak skor. 

Selain itu, pemain harus melakukan servis yang memantul melewati net agar awal permainan dapat berlangsung dengan baik. Jika gagal melakukan servis, tim lawan akan mendapatkan poin tambahan. Tim yang berhasil meningkatkan skor menjadi 25 lebih dulu adalah pemenang putaran. 

Sistem Pertandingan

Sebuah tim bola voli minimal harus terdiri dari 6 orang yang berperan sebagai tosser, spiker, libero, dan defender. Setiap role memiliki tugasnya masing-masing, misalnya tosser untuk mengoper umpan ke rekan, spiker sebagai pemain yang melakukan smash atau memukul bola ke kotak lawan.

Libero adalah pemain bertahan yang bebas keluar masuk tetapi tidak diperbolehkan melakukan smash. melintasi net, sedangkan defender bertugas mempertahankan alun-alun lapangan dari serangan bola lawan.

Jumlah Pemain

Jumlah pemain bola voli adalah 6 orang, tidak kurang dari 4 orang dapat dikatakan didiskualifikasi dari pertandingan. Biasanya setiap tim memiliki 10 pemain dengan rekor 4 orang lainnya sebagai pemain cadangan. 

Pertandingan di babak penyisihan memiliki perhitungan poin satu, jika posisi runner-up atau ada dua tim yang memiliki poin yang sama akan dinilai berdasarkan kualitas angka di setiap set yang dimainkan oleh tim.

Time Out

Permainan bola voli mengikuti aturan internasional yang disepakati oleh IVBF di mana-mana. Time Out adalah momen bagi pemain untuk beristirahat dan mendiskusikan strategi permainan hanya sekali dalam setiap putaran.

Demikian penjelasan dari saya tentang Olahraga Bola Voli merupakan permainan yang sulit, inilah aturannya semoga bermanfaat, terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Garnis Candra P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *