Pukulan Dasar yang Wajib Kalian Kuasai Dalam Badminton

Pukulan Dasar yang Wajib Kalian Kuasai Dalam Badminton

Kalian pemula, kalian hobi namun  belum banyak peham dengan badminton?

Bagi kalian penghobi badminton  pasti kurang lengkap rasanya jika anda belum mengetahui tentang dasar-dasar olahraga yang satu ini. Salah satu yang harus dimiliki bagi para pecinta badminton adalah teknik dalam memukul bola atau memukul Kok, pukulan adalah salah satu yang wajib anda kuasi jika ingin menjadi pemain yang handal.

Tidak hanya sembarangan dalam memukul kok, namun setiap pukulan dalam badminton itu ada teknik dasar yang harus anda ketahui dan juga kuasai disetiap permainan anda.

Setiap pukulan yang ada dalam badminton ada kegunaannya dan tempat menggunakan pukulan tersebut berbeda-beda,  demi untuk menciptakan point dalam permainan tersebut maka anda harus menguasai berbagai pukulan tersebut.

Kekuatan tangan terutama pergelangan tangan anda  adalah kunci agar pukulan  dalam badminton menjadi keras dan kencang yang bisa membuat lawan anda kesulitan dalam mengembalikan shuttlekock anda.

Pukulan Dasar yang Wajib Kalian Kuasai Dalam Badminton 

Dari beberapa pukulan dasar inilah pukulan badminton yang wajib anda ketahui

1. Pukulan Service

Pukulan ini adalah pukulan awal anda untuk memulai permainan sekaligus penentu awal dalam mencetak point badminton. Pukulan ini bertujuan untuk memasukkan kok secara menyilang dari arah anda melakukan service. 

Dalam servis terdiri dari beberapa teknik yang dapat anda lakukan yaitu servis pendek ataupun servis panjang, semua teknik tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan point.

2. Pukulan Lob

Pukulan Lob badminton merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara memukul kok secara keras melambung  kebelakang pihak lawan.

Dalam pukulan ini bertujuan untuk menetralkan permainan ketika anda sedang panik atau tertekan anda bisa menggunakan pukulan lob agar permainan anda menjadi rilexs dahulu.

Pukulan lob sendiri memiliki beberapa teknik yaitu Lob Serang dan Lob Netral  dalam kedua pukulan ini memiliki fungsi yang berbeda, Lob Netral berguna untuk menetralkan permainan sedangkan Lob Serang adalah pukulan tipuan yang berguna untuk anda Balik menyerang. 

Namun semua itu harus dengan latihan keras untuk menguasai pukulan tersebut.

3. Pukulan Drive

Pukulan drive adalah pukulan shuttlecock yang dilakukan dengan mendatar dan cepat agar sulit dikembalikan oleh lawan. Pukulan ini bertujuan untuk menyerang pihak lawan dengan pukulan yang mendadak atau secara tiba-tiba.

Pukulan Drive dapat anda lakukan dengan cara forehand atau pun backhand, dalam pukulan drive anda harus memiliki akurasi dan ketepatan yang tinggi karena pukulan ini adalah pukulan yang kencang dan dilakukan berada tipis diatas net, banyak yang tersangkut di Net jika menggunakan pukulan ini karena akurasi dan ketepatannya belum matang.

4. Pukulan Drop Shot

Drop Shot badminton adalah pukulan yang dilakukan untuk menempatkan shuttlecock berada didekat net diarea lawan. Pukulan ini mengharuskan anda memiliki ketrampilan lebih dalam menempatkan kok

Dropshot adalah pukulan yang bertujuan untuk menipu lawan  yang kelihatannya seperti melakukan pukulan Lob namun malah berada tipis menukik kebawah diarea net lawan.

5. Pukulan Smash

Pukulan Smash adalah pukulan cepat dan keras yang mengarah  ke area lawan secara menukik dan tajam. Pukulan smash dilakukan dengan memukul shuttlecock secara keras dan cepat menukik tajam kearah lawan yang bertujuan untuk menyerang pihak lawan.

Dalam badminton pukulan smash adalah salah satu kunci utama dalam mematikan dan mencuri angka lawan. Dalam smash sendiri ada yang dilakukan dengan cara jump smash ataupun vertical smash yang dilakukan tanpa melompat.

Agar anda memiliki pukulan yang keras dan juga kencang anda harus melatih fisik anda terutama pergelangan tangan anda agar pukulan anda menjadi keras, kencang dan akurat.

6. Forehand

Pukulan forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan cara  mengarahkan bola ke titik terjauh garis permainan lawan. Teknik ini mengandalkan pukulan kencang dari garis belakang yang digunakan untuk mengatur strategi kembali.

7. Backhand

Pukulan Backhand adalah pukulan yang sangat sulit dilakukan bagi pemula. Teknik ini membutuhkan koordinasi yang cepat dan tepat antara lengan, bahu, serta langkah kaki. Tubuh bagian atas harus diputar dan tangan yang memegang raket berada di posisi dekat dengan bahu. Selain itu kekuatan pergelangan tangan sangat mempengaruhi kekuatan backhand anda. 

8. Netting

Pukulan netting adalah pukulan yang dilakukan dengan cara menempatkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net diarea pihak lawan. Pukulan ini bertujuan untuk menyulitkan lawan atau pun menipu lawan dengan pukulan halus.

Itulah beberapa teknik pukulan dasar yang harus anda kuasi dalam badminton

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Garnis Candra P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *