Sejarah Dan Terknik Dasar Permainan Bola Voli Yang Harus Diketahui

Sejarah Dan Terknik Dasar Permainan Bola Voli Yang Harus Diketahui

Sejarah Dan Terknik Dasar Permainan Bola Voli Yang Harus Diketahui

Sejarah Dan Terknik Dasar Permainan Bola Voli Yang Harus Diketahui, Selain sepak bola dan bola basket, salah satu olahraga paling favorit di antara banyak orang di seluruh dunia adalah bola voli. Mengandalkan pukulan dan teknik tertentu, permainan bola voli bisa dimainkan dari anak-anak hingga orang dewasa. Di Indonesia, bola voli merupakan olahraga yang memiliki penggemar tersendiri. Berikut ini Sejarah Dan Terknik Dasar permainan bola voli.

Bola Voli

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan dengan cara menjatuhkan bola ke lapangan lawan melewati net untuk mendapatkan skor. Gerakan melempar atau memantulkan bola sebelum jatuh ke lapangan merupakan ciri khas permainan bola voli. 

Sejarah Bola Voli

Sejarah permainan bola voli sudah ada sejak tahun 1895 di Holyoke, Amerika Serikat oleh William G. Morgan sebagai pencipta permainan bola voli yang pertama. William, seorang instruktur pendidikan jasmani di Asosiasi Pemuda Kristen Remaja, mengembangkan permainan ini. Permainan bola voli menjadi populer karena tidak memerlukan gerakan aktif seperti bola basket dan ditujukan untuk pemain yang lebih tua.

Meski sudah dikenal sebagai olahraga yang rutin dimainkan, namun pencipta permainan bola voli baru melakukan demonstrasi pada tahun 1896. Permainan ini menjadi lebih fenomenal setelah demonstrasi publik di stadion kampus YMCA saat itu.

Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Sekarang permainan bola voli yang berasal dari Amerika Serikat ini sudah terkenal dan dilakukan oleh semua orang di berbagai belahan dunia. Apalagi organisasi yang menjadi induk dari permainan bola voli internasional ini dibentuk pada tahun 1984 di Paris, bola voli menjadi olahraga favorit tersendiri. Di Indonesia, permainan bola voli sudah dikenal sejak tahun 1928. 

Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli sangat menentukan jalannya permainan yang terdiri dari beberapa gerakan penting yang meliputi :

Servis 

Servis merupakan gerakan dasar dalam permainan untuk memulai pertandingan bola voli, tetapi servis juga digunakan untuk menyerang lawan yang terdiri dari servis atas dan servis bawah. Selain dua hal utama di atas, ada juga floating serve atau lemparan yang tidak terlalu tinggi dari kepala pemain. 

Passing

Passing Atas Bola

Pada posisi passing atas bola voli, memukul bola ke atas membutuhkan gerakan kaki untuk meningkatkan kekuatan bola. 

Passing Bawah Bola

Sedangkan posisi passing bawah bola voli membutuhkan gerakan tangan untuk menentukan kecepatan atau kelemahan bola.

Smash

Merupakan gerakan memukul bola dengan keras pada saat bola berada di atas net untuk mencetak poin di lapangan lawan. Teknik smash sangat penting agar spiker dapat memainkan bola dengan efektif dan efisien sehingga menyulitkan lawan untuk mengembalikan bola.

Blocking

Merupakan usaha yang dilakukan pemain untuk menahan atau membendung bola yang masuk agar tidak mencetak gol. Ketika serangan smash dari lawan yang tangguh dapat diantisipasi dengan baik, diperlukan teknik blocking yang maksimal.

Demikian penjelasan dari saya tentang Sejarah Dan Terknik Dasar permainan bola voli yang harus diketahui semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Garnis Candra P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *