Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Berinvestasi Modal Kecil untuk Pemula Ternyata Mudah

7 Tips Berinvestasi Modal Kecil untuk Pemula Ternyata Mudah

Investasi memang harus ditanamkan sejak dini, banyak orang yang sukses diluar sana yang mencapai kesuksesannya dimulai dari investasi yang kecil. Meski begitu modal kecil bukan penghalang bagi semua masyarakat untuk memiliki sebuah asset. Dalam prakteknya bukan hanya sekedar modal yang harus ditanamkan pada investasi melainkan konsistensi dalam menjalankannya. 

Meskipun anda memiliki modal yang besar namun tidak memiliki konsistensi saya yakin semua akan amburadul pada waktunya. Ada banyak investasi yang dapat anda miliki dengan modal kecil namun anda juga harus mengetahui profil resikonya. Karena dengan memahami semua konsepnya anda dapat meminimalisir kerugian.

Semakin tingginya pemahaman masyarakat tentang investasi kini banyak orang memulai berbondong bondong investasi diberbagai bidang. Terutama dalam bidang digital, semakin majunya teknologi banyak asset yang dapat anda miliki menggunakan teknologi digital, baik itu saham, surat berharga, koin digital, investasi emas dan masih banyak yang lain.

Tentukan Tujuan Investasi

Dalam hidup anda harus memiliki tujuan hidup, tidak beda dengan investasi meski menggunakan modal kecil untuk berinvestasi namun anda harus memiliki tujuan yang jelas untuk apa anda berinvestasi, dalam hal ini saya membagi menjadi 2 tujuan dalam investasi yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.

1. Investasi Jangka Panjang 

Investasi jangka panjang adalah penanaman modal dengan jangka waktu yang relative lama yaitu antara 3-10 tahun untuk mendapatkan keuntungan, tujuannya adalah 

• Persiapan Masa Pensiun

Bagi karyawan perusahaan banyak yang belum siap ketika memasuki masa pensiun dari pekerjaan.  Dia berfikir  dana pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan dan uang pesangon nya belum cukup untuk menjamin kehidupan setelah pensiun.

Maka dari itu dengan investasi mulai dari kecil sangat dianjurkan untuk menjamin hari tua anda, karena semakin berjalannya waktu investasi anda akan berkembang seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi kedepan.

• Mengamankan Kekayaan

Nilai asset saat ini bisa saja mengalami penurunan yang diakibatkan inflasi, dengan investasi anda dapat mengurangi biaya penurunan tersebut dengan cara menyimpannya dalam emas, surat berharga, serta deposito.

• Biaya Pendidikan Anak

Tahun ke tahun biaya pendidikan anak semakin tinggi, entah itu biaya daftar ulang ataupun biaya sewa gedung dan lain lain, meskipun pemerintah telah memberikan subsidi di bidang pendidikan namun tetap saja biaya sekolah semakin tinggi pertahunnya.

Anda yang sudah memiliki anak harus berfikir selangkah lebih maju menyikapi keadaan tersebut. Anda harus menyiapkan dana jauh hari sebelum anak anda menggunakan dana yang lebih besar lagi. Dengan investasi modal kecil sangat membantu anda ketika anak anda membutuhkan biaya 5-10 tahun kedepan

2. Investasi Jangka Pendek

Tujuan orang berinvestasi sangat beragam , salah satunya adalah mendapatkan keuntungan dalam waktu yang relative singkat dan cepat. Namun harus diketahui dengan karakter tersebut anda harus benar-benar menguasai teknik dalam investasi jangka pendek. Inilah berbagai tujuan bagi investor jangka pendek

• Tambahan Dana untuk Kebutuhan Sehari-hari

Seorang investor akan mendapat dana segar dari capital gain ( selisih nilai laba yang dihasilkan dari menjual saham ) dari menjual sahamnya akan mendapat profit jika saham tersebut mengalami kenaikan. Dana tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan sehari hari. 

• Bisa Melakukan Pencairan Sewaktu-waktu

Investasi jangka pendek dapat kamu cairkan sewaktu waktu, sehingga ketika kamu memerlukan biaya yang mendesak anda bisa mencairkan uang anda sewaktu waktu beserta seluruh modal dan juga labanya, yang terpenting jangan hari libur dikarenakan kantornya tutup.

7 Tips Berinvestasi Modal Kecil untuk Pemula Ternyata Mudah

Tips Berinvestasi Modal Kecil untuk Pemula

Konsisten dalam Menjalankan Investasi

Sebagai investor anda harus memiliki konsisten tinggi dalam investasi, anda harus tetapkan setiap bulan berapa yang harus anda amankan untuk invesatasi. meskipun dengan modal kecil namun dengan konsisten anda akan mendapat kan asset yang jauh lebih besar suatu saat nanti.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Hal yang terpenting dan harus anda pertimbangkan untuk mencapai tujuan investasi adalah mengevaluasi kondisi finansial anda secara berkala.  Anda akan mengetahui apa saja yang harus anda lakukan untuk meningkatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Tentukan Investasi dengan Profil Resiko

Sebelum anda melakukan investasi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu profil risiko Anda agar dapat memperkirakan instrumen investasi mana yang paling cocok dengan keuangan Anda dan apakah risiko-risikonya masih dapat Anda toleransi.  Karena setiap orang memiliki profil resiko yang berbeda beda.

Gunakan Uang Dingin

Menggunakan uang dingin yang anda punya, yang dimaksut dalam hal ini adalah uang yang benar benar anda sisihkan untuk keperluan investasi, dana ini anda dapatkan setelah membagi keuangan anda dari kebutuhan sehari hari. Namun harus anda sisihkan berapapun besarnya dan kamu lakukan konsisten setiap bulan.

Gunakan Robo Advisor

Kini teknologi semakin memberikan kemudahan kepada penggunanya, salah satu nya adalah Robo Advisor( teknologi yang dapat membantu merancang portofolio investasi yang optimal berdasarkan umur, profil resiko dan tujuan hidup kamu  Secara otomatis).

Bagi anda yang ingin berinvestasi dengan modal kecil anda dapat menggunakan Robo Advisor. Teknologi ini dapat kamu jumpai diberbagai platform perdagangan investasi misalnya saja aplikasi BIBIT. 

Pilih Jangka Waktunya

Anda dapat menentukan jangka waktu investasi mana yang anda pilih. Baik investasi jangka panjang ataupun jangka pendek. Semua tergantung anda sendiri bagaimana menyikapi kebutuhan anda. Karena pribadi orang memiliki tujuan masing-masing dalam berinvestasi ada yang menggunakan jangka pendek dan juga jangka panjang.

Pilih Platform yang Tepat dan Resmi

Platform diibaratkan sebagai rumah dan toko yang akan anda gunakan sebagai  tempat jual beli ataupun menyimpan aset anda. Maka dari itu memilih platform yang tepat dan resmi adalah kunci pokok anda investasi. Anda dapat memilih platform yang sudah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di Indonesia.

Dalam hal ini banyak sekali platform yang sudah terdaftar dalam OJK Indonesia, misalnya saja platform Ajaib, Bareksa, Bibit, Ipot dan masih banyak lagi yang lain. Anda tinggal memilih salah satu yang anda rasa mudah untuk digunakan.  

Itulah Tips berinvestasi modal kecil untuk pemula. Bagi anda yang ingin berinvestasi  dengan modal kecil jangan ditunda tunda lagi dan segera lakukan, berapapun dana yang diinvestasikan anda akan mendapatkan keuntungannya. 

Terimakasih semoga bermanfaat


Post a Comment for " 7 Tips Berinvestasi Modal Kecil untuk Pemula Ternyata Mudah"