Biaya dan Manfaat Olahraga Berkuda yang Mengejutkan

Biaya dan Manfaat Olahraga Berkuda yang Mengejutkan

Sehat adalah keinginan setiap manusia dalam hidup, buat apa bergelimang harta namun memiliki kondisi badan yang sakit-sakitan. Meskipun sakit itu datang kepada siapa saja, kita wajib untuk menjaga kesehatan kita agar terhindar dari sakit.

Bagaimana cara agar kita dapat menjaga kesehatan? Ya banyak cara menjaga kesehatan, kita dapat minum vitamin, kurangi begadang, selalu berfikir positif agar otak tidak stress, luangkan waktu untuk rekreasi dan juga yang paling penting adalah dengan olahraga.

Banyak olahraga yang dapat dilakukan dan umumnya semua olahraga adalah baik untuk kesehatan kita namun apakah ada olahraga yang tidak baik untuk kesehatan? jawabannya Ada, olahraga Poker misalnya kamu dapat sehat jika menang namun bisa stroke mendadak jika kalah.

Kali ini kita akan membahas tentang olahraga berkuda, olahraga yang jarang kita temui ditempat umum dan juga hanya segelintir orang yang mampu bermain olahraga tersebut, pasalnya olahraga tersebut memiliki biaya yang sangat mahal.

Olahraga Berkuda 

Olahraga yang sudah ada sejak zaman Yunani kuno 1976 kini sudah menjadi olahraga yang mendunia dan memiliki tempat tersendiri bagi para bangsawan berdarah biru. Mungkin saja kita pernah menyaksikan olahraga ini di Peternakan kuda dan juga ditempat wisata, kini olahraga tersebut sudah menjadi olahraga internasional yang dipertandingkan dunia.

Indonesia sendiri memiliki organisasi yang bernama POPSI ( Pusat Organisasi PONI Seluruh Indonesia )yang diketuai oleh Letkol Singgih pada tahun 1953, namun organisasi tersebut tidak mendapat pengakuan resmi dari KONI.

Pada akhirnya  organisasi tersebut tidak bertahan lama,  pada tahun 1966 terbentuklah Organisasi yang diakui oleh KONI Pusat yang bernama PORDASI ( Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) sampai sekarang.

 Bagi kalian yang ingin menjadi salah satu pemain olahraga berkuda ini kamu harus berfikir dua kali jika kamu belum memiliki kondisi yang bebas financial, karena dalam pemeliharaannya sendiri olahraga ini memerlukan biaya hingga 100.000$ pertahunnya.  Sangat fantastis bukan.

Jadi bagi kalian yang benar-benar ingin terjun langsung pada olahraga ini kalian harus pikir matang-matang. 

Biaya dan Manfaat Olahraga Berkuda yang Mengejutkan

Manfaat Olahraga Berkuda

Jika dilihat secara langsung olahraga ini tidak memiliki efek signifikan pada tubuh ,karena hanya terlihat duduk santai diatas punggung kuda dan menarik tali yang terikat pada leher kuda, namun jangan salah olahraga ini memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Berikut manfaat olahraga berkuda  

Melatih Kekuatan Tubuh dan Kaki

Meski terlihat hanya duduk diatas punggung , olahraga ini melatih kekuatan tubuh dan kaki bagi siapa saja yang berkuda. Berada diatas punggung kuda membutuhkan kakuatan yang lebih karena membutuhkan kekuatan dari seluruh tubuh dan kaki untuk menopang dan tetap aman diatas kuda.

Melatih Keseimbangan dan Koordinasi

Melatih keseimbangan bagi siapa saja yang melakukan olahraga ini karena disetiap langkah kuda semua penunggang kuda harus melakukan penyesuaian terhadap langkah kuda yang terkadang tidak seirama. Penunggang kuda bisa tetap berada di atas kuda berkat keseimbangan tubuh mereka.

Melatih Refleks Tubuh

Olahraga ini menuntut siapa saja penunggang kuda untuk memiliki reflexs tubuh yang bagus, karena kuda sering melakukan hal-hal yang tak terduga, bisa saja hewan ini melakukan gerakan yang akan melempar kamu. Jadi kamu hanya diberi waktu yang sangat sedikit untuk berfikir.

Itu semua menuntut siapa saja bagi penunggang kuda agar memiliki/melatih reflexs mereka, agar dapat mengatasi permasalahan seperti kasus diatas.

Membuat Otak dan Hati  Fress

Bagi penikmat punggung kuda tentunya olahraga ini bermanfaat untuk menghilangkan pikiran stress, membuat otak dan hati menjadi terang kembali. Menghabiskan waktu dengan hewan kesayangan membuat hati menjadi bahagia yang akan membantu kalian melepaskan pikiran yang negative dan juga penat yang kalian alami.

Keseimbangan Mental 

Berkuda merupakan olahraga yang berguna untuk menyeimbangkan mental karena dalam berkuda dibutuhkan perhatian yang besar agar dapat bertahan diatas punggung. Adanya perbedaan sifat kuda membuat kalian harus benar – benar berani dan menerima segala resiko yang akan ditimbulkan ketika berkuda

 Sehingga semua aktivitas diatas kuda akan membuat dan melatih keseimbangan mental kalian.

Itulah Biaya dan Manfaat Olahraga Berkuda yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat 

Terimakasih

You May Also Like

About the Author: Garnis Candra P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *