Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing 1 Bahan Penting yang Perlu Kamu Cari

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing 1 Bahan Penting yang Perlu Kamu Cari

Pakan fermentasi  adalah pakan alternative bagi para peternak melenial. sekarang kegiatan merumput bagi peternak sudah mulai jarang dilakukan, banyak peternak yang memberi pakan hewan kesayangan mereka dengan pakan alternative yaitu dengan pakan fermentasi. Banyak yang sudah membuktikan dengan pakan tersebut bisa meningkatkan tingka keuntungan.

Selain itu pembuatan pakan tersebut tergolong mudah dilakukan oleh para petani hewan. Biaya atau cost yang dikeluarkan juga rendah, selain efisien pakan alternative ini sangat membantu dalam beternak hewan. Jadi wajar saja jika banyak peternak yang menggunakan pakan ini untuk menjadi solusi mereka.

Dalam beternak kamu juga harus tau bagaimana sewajarnya merawat hewan kesayangan anda khususnya dalam hal ini adalah hewan kambing. Berikut adalah cara merawat kambing agar kambing memiliki daya tahan yang baik.

Cara Merawat Kambing

Cara memelihara kambing pedaging atau kambing ternak untuk perah secara umum tidak jauh berbeda. 

Air Minum

pertama adalah air minum yang harus tersedia dikandang kambing tidak boleh telat. Gunakan air yang bersih untuk kambing kesayangan anda, kenapa air tidak boleh telat karena bagi si kambing air minum sangat berharga daripada makan, kambing bisa bertahan 2-3 tanpa makan namun tidak dengan air minum.

layaknya manusia sangat membutuhkan air banyak yang mengatakan kuat menahan lapar tapi tidak kuat dengan haus, jadi air minum harus selalu disediakan dikandang kambing setiap hari. Berikan air minum dengan menggunakan wadah yang bersih.

Pemberian Suplemen

Bagi peternak besar pemberian suplemen pada hewan adalah Salah satu kunci untuk mendapatkan keuntungan yang besar selain pemberian pakan yang terbaik bagi hewannya. Suplemen dapat kamu dapatkan ditoko pakan atau distributor langsung pakan peternak .

Ada banyak suplemen yang dapat kamu pilih disini saya tidak mengacu kepada satu suplemen namun pilihlah suplemen yang mengandung manfaat berikut :

• Mengandung bakteri menguntungkan yang dapat mencegah dan mengatasi masalah penyakit pada ternak kambing.

• Mencegah perkembangan bakteri patogen/berbahaya penyebab penyakit, dan memicu kekebalan tubuh hewan.

• Memacu pelepasan enzim-enzim pencernaan, sehingga sistem pencernaan ternak lebih sehat.

• Mengandung asam lemak yang dibutuhkan oleh lambung ternak.

• Mengandung  hormon pertumbuhan alami untuk memicu pertumbuhan dan perkembangan ternak.

Semua manfaat tersebut dapat  membantu pertumbuhan bagi hewan.

Pakan Hewan 

Bagi peternak, pakan  adalah salah satu kunci pokok yang harus dimiliki agar memberikan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan bagi semua petani hewan yaitu untung besar. Dengan pemberian pakan yang tepat akan membuat hewan anda cepat besar, gemuk dan sehat selain itu membuat ternak kamu semakin maju dan lancar.  

Dengan menggunakan pakan alternative fermentasi akan membuat kambing kamu menjadi lebih cepat tumbuh dan berkembang, dengan begitu kemungkinan kamu meraup keuntungan menjadi lebih besar. 

Cara membuat pakan fermentasi 

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing 1 Bahan Penting yang Perlu Kamu Cari

Bahan – Bahan Fermentasi

Kalian harus menyiapkan berbagai bahan untuk pembuatan fermentasi dan juga bahan – bahan tersebut harus anda potong potong agar lebih mudah dikonsumsi kambing. Bahan – bahan yang anda perlukan dalam membuat pakan fermentasi kambing adalah sebagai berikut

• Jerami atau gedebog (pohon pisang)

• Gula

• Buah nanas

• Air bersih

• Ampas tahu

• Bekatul

• Garam

• Dan yang wajib harus kamu tau adalah gunakanlah daun Trembesi sebagai bahan pokok dalam pembuatan fermentasi ini. 

Proses Pembuatan Larutan

Dalam pembuatan fermentasi  kamu harus membuat mikroorganisme pembusuk, agar pakan tersebut menjadi fermentasi yang sempurna. Kamu bisa mendapatkan mikroorganisme tersebut dengan mencampur gula, parutan buah nanas, dan air.

Jika kamu menggunakan bahan jerami atau daun trembesi jumlah air larutan yang kita perlukan adalah sekitar 10 liter campuran tersebut. Sedangkan untuk debog atau pohon pisang membutuhkan air sekitar 1 liter. Atau kamu dapat menggunakan EM4 yang dapat kamu dapatkan dari toko-toko ternak.

Mencampurkan Semua Bahan

Jika semua sudah tersedia kamu tinggal mencampur semua bahan tersebut, mulai dari jerami, bekatul ampas tahu pada satu tempat yang dapat menampung bahan bahan tersebut untuk daun trembesi dapat kamu gunakan sebagai campuran jerami ataupun cukup menggunakan daun trembesi saja.

Jika kamu menggunakan daun trembesi jangan lupa gunakan daun yang sudah layu minimal setengah hari setelah dipetik. Setelah semua bahan tercampur kamu masukkan air larutan yang telah kamu buat tadi dan aduk hingga rata atau sekitar 15-20 menit, dan jangan lupa kamu taburkan garam dan aduk kembali hingga merata.

Proses Fermentasi

Bahan yang sudah diaduk merata tersebut kamu harus kamu pindahkan kedalam wadah yang kedap udara yaitu masukkan kedalam drum dan tutup juga menggunakan plastic agar udara tidak bisa masuk, setelah itu tutup drum tersebut rapat-rapat jangan sampai bocor.Untuk bahan fermentasi jerami, biarkan proses fermentasi berlangsung selama 1 hari penuh.

Namun jika kamu menggunakan bahan daun trembesi kamu dapat menyimpannya hingga 3-21 hari baru kamu gunakan, semakin lama semakin bagus namun jangan sampai bocor tutupnya untuk mendapatkan hasil pakan yang bagus.

Sedangkan untuk debog atau pohon pisang, waktu fermentasi yang biasanya membutuhkan hanya waktu sekitar 1-3 jam saja.

Siap Konsumsi

Minimal 3 hari berlalu kamu dapat menggunakan pakan tersebut untuk kambing- kambing kamu. Buka tutup drum yang telah tertahan 3 hari tersebut dan cek jika memiliki bau yang harum dan kering maka fermentasi anda berhasil namun jika tidak seperti itu kemungkinan besar fermentasi kamu gagal dan sebaiknya jangan dikasihkan terhadap kambing kesayangan kamu.

Ambil secukupnya untuk pakan kambing setiap hari sisa nya dapat kamu simpan kembali untuk makan selanjutnya, dengan begitu kamu bisa efisien dalam beternak dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Harus kamu ketahui kenapa harus menggunakan daun trembesi sebagai bahan pokok, karena selain daun trembesi memilki nutrisi yang cukup tinggi daun tersebut memiliki kandungan protein kasar yang tinggi 23-26 %, karena itulah daun ini sangat bagus untuk pertumbuhan kambing.

Itulah tahapan tahapan dalam pembuatan fermentasi pakan kambing beserta bahan nya, dengan bahan yang mudah didapat memberikan kamu kamudahan dalam membuat fermentasi pakan untuk kambing kamu.

Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing 1 Bahan Penting yang Perlu Kamu Cari "