Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Keuntungan Bertambah Dobble

Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Keuntungan Bertambah Dobble

Halo pemuda milenial, salam sukses bagi kita

Kita akan mengupas cara sukses beternak kambing tanpa ngarit. Saya yakin banyak sekali pemuda sekarang yang sangat suka dengan bisnis yang menjanjikan ini, bagaimana tidak daging kambing adalah makanan yang termasuk makanan populer di Indonesia, selain itu hewan ini adalah hewan yang digunakan untuk berbagai acara ke agama an ataupun acara adat istiadat di Indonesia.

Jadi jangan heran kebutuhan hewan yang satu ini dari tahun ke tahun akan semakin meningkat. Namun bagi pemuda sekarang sangat malas melihat cara pemeliharaan hewan kambing ini, yang harus memberi pakan rumput yang didapat dari Potong rumput (Ngaret), karena bagi sebagian anak muda pekerjaan ini dianggap kurang menarik.

Selain berpenampilan yang seadannya pekerjaannya pun juga berat karena harus mencari rumput dari satu tempat ke tempat lain hingga mendapatkan rumput yang cukup untuk kambing-kambingnya, cara ini dirasa kurang efisien untuk sebagian orang apalagi yang memiliki kambing dengan kapasitas yang banyak. Jadi berikut adalah cara sukses beternak kambing tanpa ngarit.

Kenapa Beternak Kambing Menjanjikan

Bagi masyarakat umum Indonesia daging Kambing merupakan makanan yang favorit, baik orang tua atau muda suka dengan daging kambing, selain kandungan daging nya baik untuk tubuh rasa nya pun sangat nikmat, ditambah lagi dengan berbagai cara untuk memakannya dapat dibuat sate, gule, tongseng , hemm yummii.

Beternak kambing ini sangat menjanjikan, kebutuhan pangan akan daging yang semakin meningkat diseluruh Indonesia dan juga peminat yang semakin antusias membuat beternak ini semakin menggiurkan, ditambah lagi kini ada cara yang lebih efisien untuk beternak kambing tanpa ngarit.

Pilih Jenis Kambing Sesuai Kebutuhan

Sebagai peternak kamu harus menentukan sasaran pasar yang akan kamu tuju dengan cara menentukan kambing apa yang akan kamu ternakkan, Secara global budidaya kambing digunakan untuk kebutuhan pedaging (kambing potong)atau kambing penghasil daging dan susu. Hewan ini memiliki berbagai macam jenis dalam pengelompokannya. 

Di Indonesia sendiri banyak memiliki kambing local yang sampai saat ini masih populer dimasyarakat, contohnya saja Kambing Jawa super, kambing etawa, kambing gibas dan masih ada yang lain lagi, kambing-kambing tersebut masih ramai dipasar pasar local Indonesia, namun dari berbagai kambing tersebut kambing

Ciri-Ciri Kambing Berkualitas

Kamu juga harus bisa menentukan kualitas kambing jantan atau betina ,mana yang terbaik dan yang biasa saja, berikut adalah tips memilih kambing jantan ataupun Betina

a. Kambing Jantan

• Kondisi tubuh sehat, tidak cacat dan terbebas dari penyakit.

• Mata tampak terbuka Cerah

• Tubuh tinggi besar .

• Bulu bersih dan mengkilap.

• Ukuran badan panjang besar, kaki tidak bengkok dan kokoh, dan Kaki Kukunya tinggi.

• Bergerak aktif .

• Nafsu kawin tinggi, mudah ereksi.

• memiliki ukutan buah zakar yang sama, kenyal dan besar.

b. Betina

• Kondisi tubuh sehat, tidak cacat, tidak terlalu berdaging dan terbebas dari penyakit.

• Memiliki bola mata yang cerah

• Alat kelamin normal

• Bulu bersih dan mengkilap.

• Tubuh panjang, tinggi dan besar 

• Mempunyai sifat keibuan sebagai bekal mengasuh anak

• Bergerak aktif

• Ambing/buah susu normal agar ketika melahirkan susu anaknya terpenuhi

• Buah susu yang normal memiliki tekstur yang kenyal dan halus

Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Keuntungan Bertambah Dobble

Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit 

A. Pakan Dari Limbah Pertanian

Untuk mempermudah kamu dalam mencukupi kebutuhan pakan kambing, kamu dapat menggunakan Pakan yang berasal dari sisa bahan pertanian, kamu dapat mencari pakan ini dengan mudah ketika panen raya padi dan lain lain.

Sisa pertanian yang dimaksut adalah dedak padi, kulit singkong, kangkung kering, daun jagung, hingga jerami padi.  Pakan dari sisa pertanian tersebut merupakan sumber energi yang baik untuk ternak kambing, Selain itu sangat mudah untuk mendapatkannya untuk kamu jadikan stock pakan kambing.

B. Pakan Hijauan

Pakan hijaun  yang dimaksut adalah pakan rumput yang telah dibudidayakan sendiri dilingkungan rumah ataupun lahan dimana anda mimiliki tempat yang kosong dan tidak terpakai, tidak harus memiliki tempat yang sangat luas untuk menanam rumput ini, rumput yang digunakan adalah rumput Odot atau rumput pak chong. 

Rumput ini tergolong mudah dibudidayakan dalam lingkungan manapun termasuk lingkungan kering, namun jika berada dilingkungan yang kering harus sering sering dialir I air untuk menumbuhkan tunas nya, jika sudah tumbuh anda bisa tenang dan santai akan perkembangan rumput tersebut.

C. Pakan Konsentrat

Agar kambing tetap sehat pakan konsentrat sangat diperlukan,  karena mengandung protein tinggi yang dapat mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan kambing. Kelebihan dari pemberian pakan ini semua kandungannya sudah terukur, nutrisinya terukur, dan sangat baik dalam membantu mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan kambing .

D. Pakan Fermentasi

Cara terakir yang saya rekomendasikan adalah menggunakan pakan fermentasi, setelah anda menanam rumput hijauan dan sudah stock pakan limbah pertanian anda harus menggunakan pakan fermentasi, mengingat rumput hijauan yang sudah kamu tanam akan sedikit sulit saat kemarau. 

Pakan fermentasi adalah pakan alternative yang sangat  bagus anda gunakan untuk kambing anda, selain dapat menekan biaya pakan yang tergolong murah banyak peternak yang sudah merasakan hasilnya yang dapat meningkatkan keuntungan hingga  2 kali lipat

Oleh karena itu fermentasi adalah salah satu alternative bagi  Peternak Kambing Tanpa Ngarit

Itulah cara beternak kambing tanpa ngarit yang dapat kamu praktekan dirumah, selain kamu tidak perlu repot repot ngarit setiap hari keuntungan yang dapat kamu hasilkan menjadi lebih meningkat .

 

Semoga bermanfaat


Post a Comment for " Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Keuntungan Bertambah Dobble"