Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Keuntungan Melakukan Usaha Ternak Burung Puyuh

Inilah Keuntungan Melakukan Usaha Ternak Burung Puyuh

Inilah Keuntungan Melakukan Usaha Ternak Burung Puyuh,  Mungkin Anda sudah tidak asing lagi jika mendengar burung puyuh. Burung dengan telur dan daging yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan memiliki rasa yang enak, juga berpotensi untuk diuntungkan. 

Banyak orang saat ini memilih bisnis atau bisnis burung puyuh, terutama di bidang kuliner. Sebelum kita membahas kelebihan bisnis burung puyuh lebih jauh, mari kita lihat sedikit tentang burung puyuh. Dengan ukuran tubuh yang kecil dan kaki yang pendek, burung ini mampu berlari dengan cepat dan bisa terbang meski jaraknya tidak bisa jauh. 

Burung puyuh atau dalam bahasa Jawa disebut gemak, adalah burung dari famili Phasianidae. Burung ini pertama kali dikembangbiakkan di Amerika Serikat pada tahun 1870. Sedangkan di Indonesia, puyuh mulai dikenal dan dikembangbiakkan pada akhir tahun 1979. Berbeda dengan burung lainnya, puyuh tidak membuat sarang di tanah, tetapi di tanah. Berikut keuntungan Usaha Ternak Burung Puyuh.

Keuntungan Bisnis Puyuh

Di Indonesia, perkembangan burung puyuh sebagai usaha atau bisnis sedikit tertinggal. Berdasarkan penjelasan dari unggasindonesia.com, perkembangan burung puyuh sebagai ternak di Indonesia sedikit tertinggal jika dibandingkan dengan beberapa negara di Asia, seperti Malaysia, Thailand dan Jepang. 

Namun saat ini di Indonesia perkembangan burung puyuh sebagai usaha terus berkembang seiring dengan meningkatnya minat dan kemampuan beternak. Tingginya permintaan dari konsumen membuat peluang untuk mengembangkan usaha burung puyuh dari hulu hingga hilir semakin menarik. 

Potensi Ternak Puyuh

Bisnis ternak puyuh merupakan bisnis yang menjanjikan. Tingginya permintaan pasar di wilayah Jabodetabek yang mencapai 11 juta butir telur per minggu membuat bisnis ini sangat prospektif untuk dijalankan pada masa pensiun. Usaha telur puyuh juga minim penggunaan lahan dan waktu kerja. Dengan demikian, usaha ini menjadi alternatif kegiatan bagi para pensiunan.

Telur Puyuh

Telur puyuh diketahui memiliki kandungan gizi yang baik, antara lain mineral, vitamin, protein, dan sedikit lemak. Selain itu, rasa telur puyuh cukup enak dan permintaan harga telur puyuh cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Daging Puyuh

Selain mengandung nutrisi yang cukup tinggi sebagai alternatif sumber protein hewani, daging burung puyuh juga banyak dicari dan digemari oleh banyak pecinta kuliner. Oleh karena itu, para pengusaha kuliner melirik daging burung puyuh untuk dimasukkan dalam salah satu menu mereka.

Bulu Puyuh

Selain telur dan daging, bulu puyuh juga memiliki kelebihan tersendiri. Karena bulu ini bisa dijadikan bahan baku kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi, seperti kemoceng, hiasan pulpen, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kotoran Puyuh

Kotoran puyuh juga dapat memberikan nilai ekonomi tambahan bagi yang memiliki usaha puyuh. Kotoran burung dengan telur bermotif sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan pakan ikan, karena mengandung protein dan nitrogen yang tinggi sehingga dapat menyuburkan tanah dan menjadi pakan yang bergizi.

Jenis Usaha Peternakan

• Peternakan Tradisional

• Peternakan Halaman Belakang

• Peternakan Modern

Demikian penjelasan dari saya tentang melakukan inilah keuntungan melakukan Usaha Ternak Burung Puyuh 

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.


Post a Comment for " Inilah Keuntungan Melakukan Usaha Ternak Burung Puyuh "