Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Singkat Atletik dan Induk Organisasi Olahraga Atletik di Indonesia Sampai Sekarang

Sejarah Singkat Atletik dan Induk Organisasi Olahraga Atletik di Indonesia Sampai Sekarang

Semua olahraga memiliki tujuan untuk menyehatkan jasmani, meski begitu pasti ada satu atau dua olahraga yang sangat populer dilingkungan kamu, sebut saja olahraga volley atau futsal. Kedua olahraga ini sangat populer dibanyak tempat apalagi jika suatu tempat tersebut memiliki atlet yang berhasil mengharumkan nama bangsa.

Oalahraga tersebut seakan menjadi primadona bagi semua kalangan remaja bahkan orang tua di daerah tersebut. Bagi sebagian orang olahraga adalah salah satu kegiatan yang dapat menghilangkan rasa stress yang berlebih. Jadi tidak heran jika banyak orang tua yang juga sangat gemar olahraga.

Namun disamping itu ada olahraga yang terkadang dipandang sebelah mata bagi sebagian orang, sebut saja  olahraga Atletik salah satu olahraga yang sering mengharumkan nama Indonesia diberbagai belahan dunia ini seakan dianggap olahraga yang tidak menarik bagi sebagian orang.

Karena dirasa olahraga ini tidak memiliki popularisme di banyak daerah, malah terkadang dari berbagai atletik tersebut peminat nya hanyalah ditempat-tempat tertentu.

Pengertian Atletik

 Kata atletik sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu athlon yang memiliki arti pertandingan, perlombaan, pergulatan, dan perjuangan. Sementara orang yang mengikuti perlombaan disebut athelta, olahraga atletik pertama kali dipopulerkan oleh iccus dan heroidicus pada zaman yunani kuno.

Olahraga yang dilombakan dari cabang atletik adalah lari, lompat, lempar lembing, gulat dan lempar cakram. Dapat disimpulkan bahwa atletik adalah suatu kegiatan olahraga atau lingkup kegiatan olahraga tertentu yang diperlombakan oleh sebagian orang  dalam satu kompetisi.

Sejarah Berdirinya Induk Organisasi Olahraga Atletik di Indonesia

Atletik Indonesia memiliki induk orgaisasi yang bernama PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) yang terbentuk pada tanggal 3 september 1958 dijakarta . cabang olahraga atletik mulai populer di Indonesia sekitar tahun 1930 saat pemerintahan hindia-belanda.

Agar olahraga ini semakin populer maka pemerintah menjadikan olahraga atletik menjadi satu bagian mata pelajaran disekolah, dengan cara tersebut maka olahraga ini semakin dikenal banyak orang. Sementara itu Pemerintah Hindia Belanda membentuk sebuah organisasi yang untuk mempertandingkan atletik yang bernama Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU). 

Selain NIAU, organisasi atletik lainnya juga dibentuk di beberapa daerah di Indonesia, seperti ISSV Hellas dan IAC di Jakarta, Sumatera Athletiek Bond (SAB),dan lain sebagainya.

Dibawah naugan PASI ( Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Kini olahraga atletik adalah salah satu olahraga yang sering mengharumkan nama Indonesia diberbagai ajang baik nasional maupun internasional.

Itulah Sejarah Singkat Atletik dan Induk Organisasi olahraga atletik di indonesia semoga cabang olahraga atletik tetap maju mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Semoga bermanfaat 

terimakasih



Post a Comment for "Sejarah Singkat Atletik dan Induk Organisasi Olahraga Atletik di Indonesia Sampai Sekarang"