Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Bisnis Ternak Sapi Yang Menguntungkan Untuk Anda

Tips Bisnis Ternak Sapi Yang Menguntungkan Untuk Anda

Permintaan daging sapi di pasar sangat tinggi, namun peternak lokal belum mampu memenuhinya secara optimal. Hal ini membuat harga daging sapi menjadi mahal, mencapai Rp 120.000 per kilogram, terutama pada hari libur saat permintaan meningkat, seperti Idul Fitri.

Kondisi ini menjadikan Ternak Sapi Potong sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Sapi tergolong usaha yang membutuhkan modal besar, serta proses yang panjang dan rumit. Namun semua itu terbayar dengan keuntungan yang besar. Kali ini saya akan bahas tips bisnis ternak sapi yang menguntungkan untuk anda

Tips Sukses Ternak Sapi Potong

Peternakan sapi bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis ini. Jika belum berpengalaman, hindari menambah modal untuk membeli sapi melalui pinjaman bank. Nah, berkut ini tahapan penting dalam menjalankan peternakan sapi:

Tetapkan Modal Awal

Bisnis ternak memang membutuhkan modal yang besar, jadi jangan ragu jika sudah membuat perencanaan yang matang. Keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya bisa berkali-kali lipat dari modal.

Modal awal setidaknya harus cukup untuk memenuhi kebutuhan beberapa ternak pertama. Selain mempersiapkan modal berupa uang, mencari informasi lebih lanjut, menambah pengetahuan, dan Membangun Jaringan Dengan Usaha Ternak Lainnya.

Mempersiapkan Kandang

Langkah pertama yang penting adalah menyiapkan kandang. Pembangunan kandang ternak sapi potong tergantung pada skala peternakan dan ketersediaan dana dari pelaku usaha. Namun secara umum kandang setidaknya harus mampu melindungi sapi dari pengaruh perubahan cuaca. Ada tiga jenis kandang sapi yaitu kandang sapi berdinding terbuka, kandang sapi setengah terbuka, dan kandang sapi tertutup.

Pilih Benih Atau Bibit

Pemilihan bibit sangat besar pengaruhnya terhadap ternak yang akan dikembangbiakkan selanjutnya, jadi jika anda memilih bibit sapi yang baik tentunya anda juga akan menghasilkan banyak sapi yang bagus juga. Berikut ini ciri-ciri bibit sapi yang bagus:

Ukuran tubuh dan kepala harus seimbang, dengan leher sapi yang kuat dan tulang belakang yang lurus dan sejajar, tidak bengkok. Umur bibit berkisar 2-3 tahun. Sapi berumur 2 tahun akan ditandai dengan 4 gigi power. Sapi dengan umur tersebut akan memiliki potensi pertambahan bobot badan yang lebih tinggi. Selain itu, umurnya juga tidak terlalu muda atau terlalu tua sehingga baik untuk budidaya.

Memberikan Pakan

Pemberian pakan juga memiliki peran yang sangat penting karena sapi memerlukan sumber protein untuk menunjang pertumbuhan sapi. Kualitas dan jumlah pakan yang diberikan kepada setiap sapi harus diberikan secara cukup, sehingga energi tersebut dapat diubah ke dalam bentuk daging dan lemak.

Melakukan Perawatan Atau Penggemukan

Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi cara penggemukan sapi, seperti mulai dari luas kandang, pemberian pakan, hingga usia. Di Indonesia, proses penggemukan sapi lebih efisien dengan menggunakan kandangan, karena dinilai dapat meningkatkan nilai jual serta adanya nilai tambah terhadap kotoran yang dihasilkan.

Demikian penjelasan dari saya tentang bisnis Ternak Sapi Potong yang menguntungkan untuk anda

Semoga bermanfaat

Terimakasih.

 

 

Post a Comment for "Tips Bisnis Ternak Sapi Yang Menguntungkan Untuk Anda"