Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Memelihara Kucing dan Ciri-Ciri Kucing Angora yang harus Kamu Ketahui

7 Manfaat Memelihara Kucing dan Ciri-Ciri Kucing Angora yang harus Kamu Ketahui

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat banyak dipelihara, selain menggemaskan dan lucu, kucing juga sangat gemar diajak bermain pemiliknya. Kucing anggora adalah salah satu jenis kucing yang banyak dipelihara di Indonesia.

Bagi kamu yang ingin memelihara kucing yang satu ini ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri dari kucing anggora. 

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Sebagai hewan yang menjadi peliharaan mayoritas penduduk Indonesia tentunya memiliki ciri-ciri khusus yang membuat banyak orang tertarik dengan hewan yang satu ini. Kucing anggora memiliki bulu yang lembut dan juga tingkah yang lucu.

Perbedaan yang sangat signifikan antara kucing anggora dan juga kucing Persia adalah pada bentuk hidungnya, kucing anggora memiliki hidung yang  panjang dan mancung sedangkan kucing Persia memiliki hidung yang pendek, kecil dan pesek.  

Dari wajahnya kucing Persia terlihat tegas dan agak runcing sedangkan kucing anggora memiliki wajah yang menggemaskan. Di Indonesia kucing anggora dibedakan menjadi 3 jenis yaitu kucing anggora asli, kucing anggora campuran dengan Persia dan juga kucing anggora domestik. Ketiga jenis tersebut dibedakan dari ukuran dan ketebalan bulu.

1. Kucing Anggora Asli 

Kucing asal Turki ini memiliki wajah yang runcing, hidung yang mancung, tubuhnya panjang dan warna bulu yang tidak berubah yang pada umumnya berwarna putih bersih.

2. Kucing Anggora x Kucing Persia

Kucing ini adalah hasil dari perkawinan silang antara anggora asli dengan kucing Persia, umumnya kcuing anggora  hasil silangan tersebut memiliki wajah dan hidung seperti Persia, wajahnya agak bulat, hidungnya pesek namun memiliki tubuh yang panjang seperti Persia.

3. Kucing Anggora x Kucing Kampung

Kucing ini sering disebut dengan kucing anggora kampung dan jenis kucing ini sangat banyak ditemukan di Indonesia. Ciri-ciri kucing ini adalah memiliki wajah yang mirip dengan kucing anggora asli, namun memiliki bentuk tubuh yang relative kecil dibandingkan dengan kucing anggora asli, selain itu bulu nya lebih pendek meskipun ada yang juga yang lebat tetapi pada ekornya saja.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

• Setelah kamu mengetahui jenis kucing anggora kamu harus mengetahui ciri-ciri kucing anggora lebih spesifik. Berikuta adalah ciri-ciri kucing anggora

• Ciri khas yang dimiliki kucing anggora adalah bentuk wajahnya yang menyerupai segitiga, bagian dahi lebar dan semakin mengerucut kebawah. Bentuk hidung panjang dan mancung berbeda dengan kucing Persia yang pesek, telinga kucing anggora lebih panjang dibanding dengan kucing Persia.

• Mata kucing anggora seperti kacang almond, bagian ujungnya sedikit runcing, mayoritas kucing anggora yang memiliki warna bulu putih memiliki  mata berwarna kuning, selain itu ada juga yang berwarna biru. Pada kucing anggora yang memiliki kelainan genetic biasanya memiliki 2 warna mata.

• Bentuk tubuh kucing anggora yang panjang dan langsing. Bulu kucing anggora tebal dan halus, pada kucing anggora jantan memiliki tubuh lebih besar dibandingkan dengan kucing betina, selain itu bulu kucing jantan lebih tebal dibandingkan kucing betina.

• Bentuk hidung kucing anggora panjang dan mancung. Telinga nya cenderung runcing memanjang, pada kucing anggora bulu yag tubuh pada wajah tidak panjang dan lebat, namun bulu tersebut dapat tumbuh lebat ketika musim dingin.

Tips Merawat Kucing 

Jika kamu memiliki hewan peliharaan kucing, kamu harus melakukan hal-hal sebagai berikut agar kucing peliharaan kamu tetap terlihat menarik dan terjaga kesehatannya. Berikut adalagh tips merawat kucing.

• Rutin memotong kuku

Kuku kucing akan terus memanjang jika tidak dipotong, jadi kamu harus rutin memotong kuku kucing peliharaanmu, karena kuku yang panjang akan membahayakan bagi  pemiliknya, 

• Rajin menyisir Bulu Kucing 

Kucing anggora memiliki bulu yang tebal dan panjang, untuk menjaga kesehatan bulu kucing kamu harus menyisir bulu tersebut agar bulunya tetap menarik selain itu kamu bulu yang bersih akan membuat kucing merasa nyaman

• Membersihkan Telinga Kucing 

Agar kebersihan pada telinga kucing tetap terjaga kamu harus rutin membersihkan telinga kucing, karena kucing anggora memiliki bulu yang tebal dan panjang yang sangat sering menutupi bagian telinga yang dapat menyebabkan telinga kucing kotor.

• Menyikat Gigi Kucing 

Gigi dan mulut merupakan alat vital yang dimiliki setiap makhluk hidup begitu juga dengan kucing, menyikat gigi pada hewan peliharaan adalah salah satu rutinitas yang harus kamu lakukan, agar hewan peliharaan kamu terhindar dari penyakit gigi dan mulut

• Membawa Kedokter Hewan

Membawa hewan peliharaan kedokter hewan merupakan salah satu cara agar hewan peliharaan kamu tetap sehat, terkadang kita tidak tahu kalau hewan kita mengalami penyakit yang serius, maka dari itu untuk menghindari akibat yang fatal mmbawa kedokter hewan merupakan solusi yang tepat.

• Makanan yang Bergizi  

Untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan, kucing memerlukan makanan yang bergizi. Daging dan ikan merupakan makanan favorit bagi kucing anggora, selain itu untuk minuman kamu dapat memberikan susu. 

Manfaat Memelihara Kucing 

• Selain hobi ternyata memelihara kucing juga memberikan manfaat bagi pemiliknya, berikut adalah manfaat kucing 

• Meningkatkan rasa percaya diri bagi anak-anak, memelihara kucing dapat membantu mengendalikan perasaan dan mood pada anak ketika bermain dengan kucing

• Bermanfaat untuk perkembangan pendidikan bagi anak, karena hewan ini melatih anak untuk melakukan observasi, perhatian dan mengatur kucing tersebut.

• Memelihara kucing dapat memulihkan perasaan yang sedih, ketika kamu merasa sedih kamu dapat bermain dengan kucing peliharaanmu dengan begitu rasa sedih yang kamu alami akan berkurang

• Bagi Lansia kucing merupakan teman terbaik yang dimiliki, banyak sekali orang yang sudah lansia hidup sendiri dengan memelihara kucing maka hewan tersebut dapat menjadi teman terbaik baginya.

• Bermain dengan kucing dapat menurunkan tingkat stress seseorang, dengan mengelus bulu halus kucing pikiran akan terasanya nyaman, selain itu dengkuran kucing dapat emmbantu menurunkan tekanan darah dan mengendurkan system saraf.

• Beberapa penilitian menemukan bahwa tidur dengan kucing pemeliharaan akan meningkatkan kualitas tidur seseorang, karena ketika tidurt kucing dapat memberikan rasa nyaman dan meningkatkan kualitas tidur

Semua itu adalah 7 Manfaat Memelihara Kucing dan Ciri-Ciri Kucing Angora yang harus Kamu Ketahui, semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua penghobi kucing.

Terimakasih


Post a Comment for " 7 Manfaat Memelihara Kucing dan Ciri-Ciri Kucing Angora yang harus Kamu Ketahui"