Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Scabies Pada Kucing

Cara Mengobati Scabies Pada Kucing

Penyakit kudis atau dikenal juga dengan scabies merupakan jenis penyakit kulit menular yang di sini bisa dialami oleh manusia dan juga hewan, termasuk hewan yang berbulu seperti contohnya kucing. Scabies pada kucing di sebabkan oleh karena infeksi tungau Sarcoptes Scabei ataupun Notoedres Cati.

Saat kucing terjangkiti penyakit tersebut akan menyebabkan rasa yang kurang nyaman, iritasi kulit, gatal-gatal bahkan juga kulit berkerak. Seekor kucing nantinya bisa tertular scabies oleh karena kontak fisik dengan hewan-hewan berbulu lain yang terserang oleh scabies atau kontak dengan barang yang di sini terdapat tungau.

Scabies kucing biasanya lebih banyak ditularkan pada sesama kucing, tapi terkadang scabies dari kucing juga akan menular pada manusia. Penularan tersebut umumnya juga dapat dikarenakan oleh kutu atau tungau dari kucing tersebut. Lalu bagaimanakah cara mengatasi penyakit scabies pada kucing? Untuk mengetahuinya berikut akan diulas secara singkat.

Bagaimana Cara Mengatasi Scabies Pada Kucing?

Untuk dapat mendiagnosis scabies yang terjadi pada kucing, dokter hewan nantinya bisa melakukan proses pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan yang menggunakan mikroskop untuk melakukan analisis sampel dari area kulit yang terserang oleh scabies. Pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencari keberadaan dari tungau atau kutu yang menyebabkan scabies tersebut.

Jika ternyata kucing Anda terkena oleh scabies maka nantinya dokter hewan pun akan mengobati penyakit dengan beberapa langkah antara lain yaitu:

Pemberian Obat-obatan

Untuk mengobati penyakit scabies pada kucing, dokter nantinya akan meresapkan obat berupa anti parasit, seperti contohnya ivermectin, baik yang dioles, diminum ataupun yang disuntikkan. Pilihan obat tersebut akan disesuaikan dengan jenis tungau area tubuh yang terserang serta tingkat keparahan dari scabies.

Selain itu juga dokter akan memberikan obat untuk meredakan rasa gatal, sehingga membuat kucing Anda merasa lebih nyaman dan tidak akan banyak menggaruk kulit yang terserang oleh scabies tersebut.

Pemakaian Shampo Anti Tungau

Selain dengan meresapkan obat-obatan, dokter juga akan menyarankan Anda untuk memakai shampo khusus untuk tungau ketika memandikan kucing. Sampo ini dapat membantu dalam meredakan peradangan serta untuk menenangkan luka pada kulit kucing.

Dengan di sini memakai obat-obatan yang telah diresapkan dari dokter, tungau yang terdapat pada tubuh kucing akan mati. Tapi umumnya kucing baru akan benar-benar sehat total dari scabies tersebut saat sudah 1 bulan setelah menjalani pengobatan. Karena itu, Anda sebagai pemilik kucing tersebut harus lebih sabar dalam merawat.

Untuk Anda yang mempunyai hewan peliharaan lain yang juga berbulu di rumah, maka dokter umumnya akan meminta Anda untuk mengisolasi kucing yang terserang oleh penyakit tersebut dari hewan-hewan lainnya. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk mencegah proses penularan scabies ke hewan-hewan lain yang sehat.

Itulah ulasan tentang Cara Mengatasi Scabies Pada Kucing semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua 

Terimakasih 

Post a Comment for "Cara Mengobati Scabies Pada Kucing"