Cara Mengatasi Penyakit Pada Hewan Kura Kura Brazil yang Jarang Diketahui

Cara Mengatasi Penyakit Pada Hewan Kura Kura Brazil yang Jarang Diketahui

Bagi penggemar kura-kura maka kura-kura Brazil adalah pilihan yang tepat untuk dirawat. Mengingat  segi kemudahan dalam merawat kura-kura Brazil ketimbang jenis kura-kura yang lain. 

Disamping itu, memelihara kura-kura Brazil sangat pas bagi kalangan pemula dalam merawat kura-kura sebelum merawat ke jenis kura-kura yang lainnya.

Walaupun terbilang sangat gampang dalam segi pemeliharaan, merawat kura-kura Brazil membutuhkan ketelatenan yang sangat tinggi. 

Salah satunya ketelatenan untuk menghindarkan diri dari kura-kura Brazil mengalami sakit dengan perawatan  yang baik dan benar. 

Namun kalau kura-kura Brazil terlanjur mengalami sakit maka  ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Baca juga : Tak Akan Membuat Kamu Miskin inilah 4 Ciri Burung Perkutut yang Dapat Membuat Kaya Raya

Cara Mengatasi Penyakit Pada Hewan Kura Kura Brazil 

Berikut ini beberapa macam penyakit yang umum terdapat pada kura-kura Brazil dan cara mengatasinya, antara lain :

1.Penyakit Jamur

Salah satu penyakit yang dapat diderita oleh kura-kura adalah penyakit jamur. Hal ini ditandai dengan  pada bagian kaki kura kura Brazil terdapat bercak berwarna keputihan. 

Begitu pula pada bagian wajah kura-kura, leher dan ekor serta pangkal kaki kura-kura Brazil. 

Kura-kura Brazil yang mengidap penyakit jamur akan tampak dari sifatnya yang menjadi berkurang dalam nafsu makannnya dan lebih malas untuk melakukan pergerakan. 

Pada waktu kura-kura Brazil  yang anda miliki terdeteksi mengalami sakit jamur maka ada beberapa cara untuk mengatasinya. 

Baca juga :  7 Manfaat Memelihara Kucing dan Ciri-Ciri Kucing Angora yang harus Kamu Ketahui

Hal pertama adalah membersihkan akuarium ataupun kandang kura-kura secara berkala. Sebab salah satu penyebab utama yang sering menjadi pemicu kura-kura Brazil mengidap penyakit jamur adalah kandang kura-kura yang tidak terawat dengan baik atau kotor.

Langkah kedua, cara mengatasi penyakit jamur pada hewan kura-kura Brazil adalah dengan memberikan makanan pada kura-kura hanya makanan sehat dan bernutrisi tinggi secara memadai. 

Sisa-sisa makanan kura-kura yang terdapat di dalam kandang mesti dibersihkan untuk memastikan kondisi kandang kura-kura dalam kondisi bersih.

Langkah ketiga adalah melakukan pengobatan pada kura-kura Brazil yang mengalami sakit jamur. Dengan cara melakukan perendaman pada hewan kura-kura Brazil  menggunakan air rendaman berbahan larutan garam ditambah air. 

Kadar komposisi sekitar satu liter air untuk 10 gram garam. Setiap tiga hari sekali lakukan penggantian air dengan larutan air plus garam yang baru.

Setelah selesai direndam berikutnya bersihkan dan keringkan kura-kura Brazil di pagi hari di bawah sinar matahari langsung. Kemudian berikan pula pada kura-kura Brazil berupa obat anti jamur. 

Lakukan semua itu secara rutin sampai kura-kura benar-benar sembuh.

Baca juga :  Peluang Usaha Peternakan Yang Cocok Dan Mudah Untuk Pemula Apakah Sudah Terpikir DIpikiran Anda

2.Penyakit flu atau pilek

Penyakit yang dapat diderita oleh kura-kura Brazil berikutnya adalah influenza atau pilek. Adapun yang menjadi  pertanda kura kura Brazil mengalami sakit flu atau pilek dilihat dari bagian hidung kura-kura timbulnya lendir dan gelembung-gelembung udara dibarengi bunyi tertentu. 

Untuk mengatasi kura-kura dari penyakit flu dan pilek maka sebaiknya kura-kura Brazil ditempatkan pada kandang yang benar-benar bersih dan tidak menempatkan kura-kura Brazil di dalam kondisi suhu udara dingin yang berlebihan. 

Misalkan pada ruangan yang menggunakan Air Conditioner. 

Baca juga :  Inilah Keuntungan Melakukan Usaha Ternak Burung Puyuh 

Itulah  Cara Mengatasi Penyakit Pada Hewan Kura Kura Brazil yang jarang diketahui oleh banyak orang , semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Garnis Candra P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *