Penyakit Pada Kambing dan Cara Mengatasi Penyakit Pada Hewan Kambing

Penyakit Pada Kambing dan Cara Mengatasi Penyakit Pada Hewan Kambing

Semua peternak kambing tentu berharap kambing yang diternakkannya dapat hidup sehat dan berkembang biak dengan baik. Namun terkadang hal itu tidak selamanya. Disebabkan suatu hal, kambing yang diternakkannya bisa mengalami suatu penyakit tertentu. Seperti sakit mata, batuk, diare, tetanus, ambing, penyakit gatal, dan cacingan.

Penyakit yang terjadi pada kambing jadi suatu tantangan bagi  para peternak kambing untuk bisa mengatasinya secara baik. 

Penyakit Pada Kambing dan Cara Mengatasi Penyakit Pada Hewan Kambing

1. Penyakit cacing

Penyakit pada binatang ternak kambing harus diatasi secara cepat agar cepat dilakukan penyembuhan. Kalau dibiarkan berlarut-larut kondisi kambing bisa mengalami sakit parah hingga mengalami kematian. Salah satu cara pengobatan yang dapat dilakukan pada kambing yang sakit dengan menggunakan ramuan obat-obatan herbal berbahan dasar dari tumbuhan.

Penggunaan obat bagi kambing yang mengalami sakit menggunakan obat herbal atau alami lebih aman ketimbang menggunakan obat berbahan kimia. Hal tersebut tak aneh jika mayoritas peternak kambing di Indonesia lebih menggunakan cara alami atau herbal untuk menyembuhkan kambing miliknya yang sedang menderita penyakit tertentu.

Salah satu jenis penyakit yang kerapkali ditemukan pada hewan kambing adalah penyakit cacingan.  Yang menjadi penyebab kambing terinfeksi penyakit ini adalah badannya terkena benih cacing yang dapat disebabkan dari pakan yang dimakannya memiliki kandungan benih cacing.  

Untuk mengatasi kambing yang mengalami penyakit cacingan maka anda dapat melakukan pemberian obat cacing pada kambing  secara rutin sebanyak  setiap tiga bulan satu kali. 

Obat cacing sangat berguna bagi kambing untuk meningkatkan kekebalan tubuh kambing. Sehingga kambing tidak mudah sakit. Pemberian obat cacing pada kambing dapat dimulai sejak kambing masih berusia anak-anak.  

Sedangkan untuk cara alami atau herbal untuk mengobati penyakit cacingan pada kambing dengan cara menggunakan campuran gula merah dan temu hitam yang diminumkan pada kambing.

2. Penyakit Gatal

Penyakit yang bisa diderita oleh kambing adalah penyakit gatal. Penyakit gatal sangat berbahaya pada kambing. Karena sifatnya yang menular.  

Oleh karena itu, pada saat seekor kambing sudah menderita gejala penyakit gatal maka anda harus melakukan pemisahan antara kambing yang sakit dengan kambing yang sehat agar tidak terjadi penularan penyakit gatal. 

3. Penyakit Ambing

Penyakit berikutnya yang dapat diderita oleh kambing adalah penyakit ambing. Penyakit ambing adalah sebuah penyakit yang membuat air susu pada kambing tidak keluar atau pembengkakan. Untuk mengatasi penyakit pada kambing ini gampang sekali. 

Ambil beberapa butir bawang putih lalu ditumbuk halus. Kemudian tambahkan dengan garam. Lalu berikan air hangat. Oleskan ramuan herbal tersebut pada bagian kambing yang mengalami sakit pembengkakan.

4. Penyakit tetanus dan diare

Penyakit yang dapat diderita oleh kambing lainnya adalah penyakit tetanus dan diare.  Adapun yang menyebabkan kambing mengalami sakit diare umumnya karena pakan yang dimakannya terlalu muda atau bersifat berlebihan.  

Untuk mengatasi penyakit diare pada hewan kambing dengan cara memberikan obat herbal. Ambil mahkota dewa atau daun jambu biji lalu diberikan air panas  dan dan garam. Lalu tumbuk halus. Sesudah dingin berikan pada kambing yang sakit diare. 

  

You May Also Like

About the Author: Garnis Candra P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *